Inilah 2 Manfaat Tanaman Ceplok Piring

tanaman

Manfaat ceplok piring bagi kesehatan – Manfaat tanaman ceplok piring – Pernahkah anda mendengar tanaman ceplok piring? Ceplok piring adalah tanaman sejenis perdu yang tumbuh tegak dengan batang mencapai 2 meter. Daunnya berbentuk lonjong bertekstur licin seperti kulit dengan permukaan yang mengkilap, berbunga tunggal dengan warna putih yang beraroma wangi, kelopak bunganya menyerupai kelopak bunga mawar putih. Tanaman ini memiliki buah berbentuk seperti telur dan bijinya banyak yang disebut Cape Jasmine.

Bunga ceplok piring berwarna putih bersih, bertekstur lembut dengan kelopak berlapis-lapis menyerupai bunga mawar putih. Merebakkan aroma khas yang wangi.

Ceplok piring sebenarnya berasal dari Cina dan Jepang. Oleh sebab itu, tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak dulu di negara-negara tersebut. Di Cina biasanya bunganya digunakan sebagai penambah rasa teh dan penambah aroma pada teh. Sementara di jepang, buahnya yang pahit digunakan sebagai pewarna makanan dan pewarna tekstil karena buahnya mengandung pigmen warna kuning yang alami.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabai Pepper

Permukaan daunnya hijau mengkilap dengan kandungan senyawa alami yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Di daerah-daerah Indonesia lainnya, tanaman ini biasanya dijadikan tanaman hias karena kelopak bunga putihnya yang berlapis-lapis sangat menarik perhatian mata. Dan karena aromanya yang wangi, hampir seperti wangi melati, tanaman ini dimanfaatkan untuk dibuat farfum atau pengharum ruangan.

Selain indah dan wangi, tanaman ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Bagian yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan adalah akar, daun, bunga dan buahnya yang matang. Adapun beberapa masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh tanaman ini adalah:

  • Membantu mengatasi diabetes melitus
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seekor tikus wistar yang sebelumnya telah disuntikkan kadar glukosa, diberikan infus daun ceplok piring. Dan hasilnya kadar gula darah tikus wistar tersebut mengalami penurunan. Untuk penderita diabetes melitus, dapat membuat ramuan sederhana ini dengan mudah. Pertama-tama sediakan 12 lembar daun ceplokpiring yang segar.

Kemudian cuci bersih daun-daun itu lalu rebus kedalam 2 gelas air putih. Tunggu hingga air rebusannya berkurang sampai 1 gelas saja.Setelah itu saring dan dinginkan air hasil rebusannya. Minum ramuan itu segelas dalam sehari. Lakukan secara rutin agar kadar gula darah dapat turun secara signifikan.

  • Mengatasi susah buang air besar (BAB)


Naah… Untuk melancarkan pencernaan, manfaatkan tanaman ceplok piring. Caranya dengan merebus 3 biji buah ceplok piringke dalam 2 gelas air. Hasil rebusannya yang tinggal segelas dapat diminum setiap hari dengan catatan jangan meminumnya pada saat terkena diare.

Buah ceplok piring biasanya diolah dengan cara direbus, digiling atau ditumbuk. Buah kecil yang disebut Cape Jasmine ini kaya akan manfaat.

Selain itu, untuk sakit seperti seperti bisul, keseleo, memar, borok atau luka bakar, dapat diolah dengan pemakaian luar, caranya dengan menggiling buah ceplokpiring yang masih segar. Setelah benar-benar halus, tambahkan arak putih atau putih telur. Aduk sampai rata dan tempelkan pada area yang sakit.

 Naah itulah manfaat dari tanaman ceplok piring. Semoga artikel ini bermanfaat ya..

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*