Jual Bibit Rambutan Siap Tanam

Uncategorized

Tanaman buah Rambutan merupakan jenis buah yang mana buah ini masih keluarga jenis buah dari suku lerak – lerakan. Buah rambutan ini merupakan salah satu tanaman buah yang hidup di wilayah  tropis yang mana tanaman ini diyakini berasal dari benua Asia Tenggara. Pohon rambutan ini secara umum dapat tumbuh dan dapat mencapai ketinggian hingga 8 m hingga 12 m,tanaman buah ini menyukai daerah yang rata – rata memiliki suhu mencapai 25 derajat celcius.

Jual Bibit Rambutan Siap Tanam

Pohon rambutan pada umumnya memiliki daun yang bentuknya sedikit menyirip dan pada setiap ranting dahan memiliki anak daun berjumlah 5 hingga 9.

Buah rambutan ini sangat terkenal,karena memiliki ciri-ciri kulit buah yang sangat unik yakni berambut halus. Warna kulit buah rambutan ketika masih muda adalah hijau dan ketika buah rambutan ini sudah matang, maka kulit buahnya akan berubah menjadi merah cerah. Untuk bagian daging buahnya,buah  rambutan ini mempunyai tekstur daging tabl,dan banyak mengandung air yang mana kebanyakan warna daging pada buah rambutan ini dominan berwarna putih.

Perkembangan dan pertumbuhan pohon rambutan sangat berkaitan erat dengan ketersediaan air di sekitarnya. Apabila ketersediaan air ini tidak terpenuhi maka perkembangan dan pertumbuhan pohon rambutan akan terhambat. Pohon rambutan ini terbilang pohon yang aktif, apabila sudah mengalami masa buah (panen) , pohon rambutan akan terlihat lebih segar dan mengeluarkan daun dan cabang muda nya.

Cara budidaya rambutan  secara baik dan tepat

·         Persiapan lahan yang digunakan untuk budidaya rambutan

Pohon rambutan saat ini kebanyakan ditanam di sebuah pekarangan ataupun kebun. Ukuran lubang tanah yang digunakan untuk menanam bibit adalah 60 x 60 x 60 cm. Jarak tanam yang baik adalah sekitar 10 m hingga 14 m.

·         Proses penanaman Bibit rambutan

Setelah lubang tanah yang ada di lahan dibiarkan selama 2 – 4 minggu, bibit rambutan  yang telah disiapkan bisa dimasukkan ke dalam lubahg galian dan menutupnya dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

·         Penyiangan

Penyiangan merupakan proses menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) yang ada di sekitar tanaman bibit rambutan . Proses ini sangat perlu dilakukan karena jika ada tanaman gulma di sekitar tanaman bibit maka pertumbuhannya akan terganggu. Akan lebih baik jika dilakukan juga penggemburan tanah akan tetapi jangan sampai merusak struktur akar.

·         Proses pembentukan pohon rambutan

Ujung – ujung ranting pohon bibit rambutan  lebih baik dipotong apabila usianya sudah menginjak 2 tahun. Pemotongan ini dilakukan untuk memperkuat cabang pohon rambutan  nantinya. Tunas – tunas yang tumbuh dengan tidak sempurna sebaiknya juga dipotong. Pemotongan – pemotongan ini tidak hanya dilakukan saat masa pertumbuhan bibit namun juga pada saat setelah masa panen.

·         Pembasmian hama dan penyakit

Hama yang sering dijumpai di pohon rambutan  adalah sejenis ulat , tupai dan juga keluang. Sedangkan penyakit yang sering menyerang pohon rambutan  ini adalah penyakit bercak daun dan penyakit akar putih. Degan cukup banyak nya hama dan penyakit dari pohon rambutan  ini sebaiknya pembasmian nya dilakukan secara intensif, rutin, dan sesuai prosedur.

Jual Bibit Rambutan Siap Tanam

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambutan

·         Faktor Eksternal

Tanah, tanah adalah faktor eksternal yang paling mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman. Pohon rambutan  ini menyukai daerah yang memiliki tanah yang sedikit berpasir, gembur , dan sangat subur. Tanah yang memiliki struktur lempung yang sedikit akan sulit untuk ditumbuhi oleh pohon rambutan . Namun untuk kondisi tanah yang seperti itu,maka anda pun cukup sedikit menambahkan dengan sedikit tanah berpasir maka pohon rambutan  sudah dapat tumbuh.

Pohon rambutan  ini sangat berpengaruh dengan kondisi suhu rata – rata, kondisi curah hujan, intensitas cahaya matahari , dan arah serta kecepatan angin. Hal – hal tersebut sangat berpengaruh meskipun kelihatannya banyak yang mengabaikannya. Pohon rambutan  ini dapat tumbuh dengan baik ketika pada musim hujan tiba dengan curah hujan rata – rata hingga 1.500 hingga 2.500 mm per tahunnya.

Ketinggian Tempat Tanam ( mdpl ), dalam faktor ini juga sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan pohon rambutan. Pohon rambutan  ini sangat baik tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 30 – 500 mdpl. Bila tumbuh melebihi ketinggian tersebut ( mencapai 1.000 mdpl ) maka pohon rambutan  mulai jarang – jarang bisa tumbuh dan berbuah bahkan musim bunga nya sulit sekali untuk diprediksi.

·         Faktor Internal

Buah rambutan merupakan buah yang untuk saat ini terbilang cukup banyak sekali ditemukan khusus nya di area pedesaan, dan jenis yang paling banyak disukai hanya ada 2 jenis saja yakni rambutan Aceh (yang dominan berwarna kuning) dan Rambutan Binjai (berwarna merah). Tidak semua jenis rambutan ini dikembang biakkan melalui biji oleh para petani, para petani lebih memilih dengan cara cangkok, hal ini disebabkan karena metode cangkok lebih cepat mengalami pertumbuhan.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

 1. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman buah rambutan adalah buah yang banyak memiliki kandungan vitamin C serta kandungan senyawa polifenol yang cukup dominan,kandungan vutamin C pada buah rambutan ini dapat mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi sebanyak 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan untuk manusia dewasa.

Namun, ada hal begitu menarik lainnya terkait dengan kandungan vitamin C pada buah rambutan tersebut. Ternyata, vitamin C ini juga menghasilkan manfaat tersendiri khususnya pada buah rambutan,yakni menyehatkan organ jantung. Ya, penyakit jantung ini merupakan momok menakutkan bagi seluruh umat manusia. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia setidaknya menginjak 30 tahun ke atas, oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dan juga memperhatikan pola makan keseharian,karena serangan jantung ini acap kali datang secara tiba-tiba dan tak di sangka-sangka.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat rambutan yang lain juga bisa anda rasakan,ketika anda sedang mengalami gangguan terutama pada fungsi ginjal. Hal semacam ini memang harus menjadi perhatian lebih,mengingat bahwa fungsi utama  hinjal adalah Sebagai tempat terjadinya proses detoksifikasi, maak organ pada ginjal pun harus selalu berada dalam kondisi prima dan bugar, atau kalau fungsi ginjal ini tidak stabil lagi,maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya.

3. Mengobati Morning Sickness Khusus Ibu Hamil

Morning sickness adalah gejala awam yang mana gejala semacam ini kerap sekali dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing,mual, dan lemas. Maka,dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan maka hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness secara berkala

Ya, ini dia manfaat rambutan untuk ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah rambutan ini secara optimal mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para ibu-ibu hamil, terutama pada waktu pagi hari. Zat besi yang ada di buah rambutan ini juga berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*