Manfaat Tanaman Cendana

tanaman

Manfaat tanaman cendana – Di Indonesia banyak pohon yang berdiri dengan kokoh dan menjadikannya komoditi utama. Tapi ada satu pohon yang benar-benar unik yakni Cendana. Pohon ini merupakan pohon yang memiliki wangi yang khas. Yang banyak dimanfaatkan adalah kayu serta minyaknya. Kayu dari pohon cendana diklaim bisa mempertahankan wangi khasnya untuk jangka waktu yang sangat lama.

Keberadaan pohon ini sudah sangat langka dan sulit untuk didapatkan. Pada dasarnya pohon cendana merupakan tumbuhan parasit sehingga ia membutuhkan inang untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mungkin karena inilah salah satu hal yang membuatnya cukup sulit untuk dibudidayakan dan pada akhirnya ia semakin langka. Tapi permintaan akan kayu dan minyak dari pohon ini lumayan tinggi sehingga tidak heran jika ia memiliki nilai jual yang tinggi pula.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh tentang Capai Pepper

Di Indonesia sendiri, daerah asal cendana adalah NTT (Nusa Tenggara Timur). Meskipun dinegara-negara lain juga ada yang membudidayakan cendana tapi NTT lah yang dijuluki dengan Sandalwood (cendana) Island. Indonesia sendiri menetapkan NTT sebagai daerah dengan identitas asli cendana.

Kandungan-kandungan yang terdapat pada minyak yang dihasilkan dari kayu cendana bersifat anti-inflamasi, astringen, anti-depresan, diuretik, antiseptik, anti-mikroba, anti-virus, anti-pasmodic, dan desinfektan. Maka dari itu jika minyak ini seringkali digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Berikut manfaat dari cendana:

Dengan sifat anti-inflamasinya, cendana ini mampu meredakan peradangan yang terjadi dikulit. Peradangan bisa disebabkan oleh apapun dan cendana disinyalir ampuh untuk menghentikan peradangan dengan baik. Dengan kandungan anti-inflamasinya, bagian yang mengalami peradangan akan bisa diredakan.

Kemudian, tanaman cendana ini memiliki kandungan anti-pasmodoic dimana ia memiliki manfaat yang sama dengan obat penenang. Oleh karena itu, ketika ada organ tubuh kita yang mengalami kram atau kejang, maka cendana dapat merelaksasikan otot-otot yang tegang sehingga menjadi lebih tenang dan tidak kram lagi.

Selanjutnya, permasalah kulit seringkali mengganggu kita disebabkan oleh terjadinya infeksi. Infeksi tersebut bisa terjadi karena bakteri ataupun mikroba lainnya. Naah…  tanaman Cendana memiliki sifat anti-mikroba dan antiseptik sehingga baik untuk mengatasi kulit yang terinfeksi. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan cendana seperti bisul, lesi, cedera, dan jerawat.

Naah itulah beberapa manfaat tanaman cendana yang bisa Anda dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat ya..

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*